Beranda / Potensi Desa / Kerupuk Terung dan Rambak
Kerupuk Terung dan Rambak
Selasa 29 Agustus 2017

Ngadirojo - Di desa Ngadirojo terdapat usaha produksi kerupuk terung dan pembuatan rambak. Pemilik usaha tersebut bernama Maryatun. Usaha ini dijalankan bersama anak-anak Maryatun dan dibantu oleh lima penjual. Usaha produksi kerupuk terung dan pembuatan rambak milik Maryatun sudah berdiri sejak tahun 1980an. Latar belakang Maryatun memulai usaha penjualan kerupuk dan pembuatan rambak adalah karena tidak mempunyai lahan persawahaan dan merasa hanya mampu usaha produksi kerupuk terung dan pembuatan rambak.

Sebelum memulai usaha penjualan kerupuk terung dan pembuatan rambak, Maryatun pernah bekerja di Semarang sebagai pembuat kerupuk. Setelah ilmu dan modal yang dirasa cukup, Maryatun keluar dari pekerjaan pembuatan kerupuk tersebut dan memulai usaha penjualan kerupuk terung dan rambak sendiri. Maryatun merasa potensi kerupuk dan rambak terbuka lebar karena kedua camilam ini merupakan camilan yang wajib untuk dimakan bersama makanan berat atau hanya sekadar menjadi camilan dikala senggang.

Penjualan kerupuk terung dan rambak produksi Maryatun dipasarkan di warung-warung sekitar desa Ngadirojo, pasar Ampel dan pasar Salatiga. Biasanya Maryatun menjual ke pasaran dalam bentuk satu wadah plastik besar seberat lima kilogram atau bisa disebut bal-balan. Harga untuk kerupuk terung matang seberat lima kilogram sebesar dua ratus sepuluh ribu rupiah. Maryatun mengatakan kerupuk terung tersebut menggunakan pewarna makanan sehingga aman untuk dikonsumsi. Keunggulan kerupuk terung dan rambak Maryatun adalah rasanya lebih gurih.

Keuntungan yang diperoleh tiap bal sebesar tiga puluh ribu rupiah. Penggorengan yang digunakan Maryatun masih berupa tungku dengan kayu kering sebagai bahan bakar dan menggunakan wajan besar. Pengeringan untuk kerupuk terung dan rambak dilakukan secara manual, karena di desa Ngadirojo tidak bisa mengandalkan sinar matahari karena cuaca di desa Ngadirojo cenderung sejuk.

Kendala yang dialami oleh Maryatun adalah kurangnya modal karena dengan modal yang cukup, Maryatun berharap dapat membeli mesin pembuatan kerupuk sendiri agar dapat memproduksi kerupuk terung dan rambak secara modern. Maryatun biasa dihubungi di nomor 085727728125.

Potensi Desa LAINNYA
Tembakau Gunung
Selasa 29 Agustus 2017
Desa Budidaya Jahe
Selasa 29 Agustus 2017
Olahan Umbi Ngadirojo
Selasa 29 Agustus 2017
Kerajinan Keranjang Bambu
Selasa 29 Agustus 2017